Friday, November 28, 2014

Teknik Dasar Merebut Bola Permainan Sepak Bola

Merebut bola adalah usaha untuk menguasai bola atau menghadang bola dari penguasaan lawan. Teknik ini penting dikuasai oleh seorang pemain sepak bola terutama pemain bertahan. Pemain yang kurang dapat merebut bola dari lawan akan dengan mudah dilewati oleh pemain musuh. Kekuatan pertahanan sebuah tim sepak bola juga tergantung keterampilan seorang pemain bertahan dalam merebut bola dari lawan. Jika ketrampilan merebut bola dari lawan dikuasai dengan baik oleh pemain bertahan, berarti pertahanan tim tersebut sangat kuat dan musuh akan kesulitan menembus pertahanan.Teknik merebut bola dapat dibedakan menjadi:
1. Merebut bola dari posisi depan2. Merebut bola daro posisi samping3. Merebut bola dengan teknik meluncur4. Merebut bola dengan menggunakan bahu.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang pemain dalam merebut bola:
1. Konsentrasi dan pandangan selalu mengarah pada bola2. Saat menghadapi bola, dibutuhkan ketenangan dan keseimbangan3. Dibutuhkan ketepatan dalam merampas bola4. Ketika saat melakukan perebutan bola tidak boleh melakukan pelanggaran.
Perebutan bola sering menyebabkan terjadinya pelanggaran. Hal ini terjadi karena seorang pemain melakukan perebutan bola dengan cara-cara yang kasar. Atau pada saat merebut bola kaki tidak menyentuh bola tapi mengenai kaki lawan hingga terjatuh atau cedera. Dalam merebut bola juga tidak diperkenankan dari belakang karena dapat memicu terjadinya pelanggaran, misalnya mengenai kaki lawan dan tidak menyentuh bola. Pelanggaran yang terjadi dapat berbuah kartu kuning atau bahkan kartu merah bila pelanggaran terjadi sangat fatal. Pelanggaran yang terjadi diluar kotak penalty akan berbuah tendangan bebas, namun bila pelanggaran itu dilakukan dalam kotak penalty maka akan berbuah tendangan penalty yang sangat merugikan.

No comments:

Post a Comment