Thursday, December 11, 2014

10 Raksasa Produsen Smartphone dengan Penjualan Terbanyak

Beberapa tahun belakangan ini pasar consumer elektronik di tanah air mulai kebanjiran beraneka ragam produk ponsel mulai dari feature phone, smartphone dan tablet, baik yang berasal dari vendor ternama maupun vendor lokal.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing vendor, mulai dari vendor raksasa yang terkenal sampai yang baru lahir. Nah, tahukah Anda siapa saja yang menjadi raksasa produsen smartphonedi dunia saat ini?

Yuk, kita simak hasil penelusuran JembukNews untuk10 Produsen ponsel terbesar di dunia tahun ini.

Inilah 10 Produsen Smartphone Terbesar Dunia tahun 2013
Produsen Smartphone Terbesar Dunia Q1 2013

Baru-baru saja ini biro riset Gartner merilis daftar vendor ponsel terbesar di dunia. Riset ini menggabungkan penjualan feature phone dan smartphone di kuartal I 2013. Secara keseluruhan, sebanyak 426 juta unit ponsel terjual dalam kuartal tersebut. Dari jumlah sebanyak itu, 210 juta unit di antaranya adalah smartphone dan sisanya adalah feature phone. Nah, vendor ponsel apa saja yang menduduki peringkat 10 besar? Berikut ini daftarnya selengkapnya...

10. Yulong

Yulong Coolpad
Yulong Coolpad
Pernah dengar nama Yulong? Mungkin masih cukup asing untuk kita yang di Indonesia... Nama Yulong mungkin masih sangat asing di industri smartphone tidak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Namun di negara asalnya, China, produk ponsel vendor ini sangat diminati.

Terbukti, melalui smartphone andalannya Coolpad, Yulong berhasil menjual 7,4 juta unit ponsel selama kuartal 1 2013, dengan total raihan market share sebesar 1,8%.

9. Lenovo

Lenovo S880
Lenovo S880 Smartphone
Masih dari daratan China, produsen komputer PC yang kini mulai menunjukkan taringnya di industri ponsel, Lenovo, turut serta meramaikan pasar ponsel dunia. Di mana pada kuartal 1 2013 ini, mereka berhasil menjual 7,7 juta unit ponsel.

Lenovo meraih market share lebih kurang 1,8%. Penjualan mereka cukup banyak ditopang oleh kuatnya pasar di negara asalnya, China.

8. Sony Mobile

Sony Xperia Z
Sony Xperia Z

Sejak secara resmi berpisah dengan Ericsson, performa bisnis ponsel Sony menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Dengan ditunjang flagship populer mereka seperti Xperia Z dengan fitur unik tahan debu dan air.

Vendor asal Jepang ini tercatat mampu melakukan penjualan hingga sebanyak 7,9 juta unit ponsel pada kuartal pertama 2013. Dengan total pangsa pasar di kisaran 1,9%.

7. TCL Communication


TCL Smartphone
TCL Smartphone
Kuatnya pasar China dengan populasi penduduk melimpah didukung pula dengan kehadiran sistem operasi gratis untuk ponsel, Google Android, membuat banyak vendor lokal semakin berjaya. Salah satunya adalah TCL Communications.

Pada kuartal 1 2013 ini TCL Communications tercatat menjual sebanyak 8,5 juta unit ponsel dengan raihan pangsa pasar sebesar 2%.

6. Huawei

Huwai Smartphone
Huawei Smartphone


Huawei yang sebelumnya terkenal sebagai vendor infrastruktur telekomunikasi papan atas asal China ini semakin menanjak di pasar ponsel dunia.

Didukung strategi harga yang terjangkau dan produk lumayan berkualitas menghantarkan Huawei berhasil menjual 11,1 juta unit ponsel pada kuartal pertama 2013 ini. Dengan raihan pangsa pasar sebesar 2,6%.

5. ZTE

ZTE Smartphone
ZTE Smartphone (MetroPCS)
ZTE menjadi vendor asal China yang menempati posisi tertinggi dalam daftar produsen smartphone terbesar dunia ini. Mereka memang kian agresif mengepakkan sayap bisnisnya hingga ke mancanegara.

Menurut laporan Gartner, pada kuartal pertama 2013 ZTE telah mengapalkan sebanyak 14,6 juta unit ponsel. Sehingga mereka mampu meraih pangsa pasar hingga 3,4%.

4. LG Electronics

LG Smartphones
LG Smartphones

Sebagai pemain lama di industri ponsel dunia ternyata produk ponsel LG masih banyak diminati terutama seperti smartphone Optimus yang menjadi flagship khas mereka. Bahkan, mereka cukup agresif merilis ponsel di hampir semua rentang harga mulai dari kelas bawah hingga papan atas.

Vendor ponsel asal Korea Selatan ini mencatat penjualan sejumlah 15,6 juta unit ponsel. Dengan total pangsa pasar sebesar 3,7%.

3.Apple

Apple iPhone
Apple iPhone
Tidak seperti vendor lainnya, Apple hanya mempunyai beberapa model smartphone saja dan sama sekali tidak menjual feature phone. Namun demikian, dengan dukungan dari pengguna fanatis (fanboy) mereka terbukti mampu menembus posisi tiga besar vendor ponsel dunia berbekal nama besar iPhone.

Vendor smartphone asal Amerika Serikat ini mencatatkan penjualan 38,3 juta unit ponsel. Dengan perolehan market share sekitar 9%.

2. Nokia

Nokia Lumia
Nokia Lumia Smartphone

Keberadaan iPhone dan dominasi Android di segmen smartphone terbukti mampu membuat Nokia cukup kelimpungan, bahkan setahun terakhir vendor asal Finlandia ini harus rela kehilangan market share mereka direbut oleh para pesaing.

Namun mereka masih sangat kuat di pasar menengah ke bawah melalui dukungan ponsel model NokiaAsha. Lebih beruntung lagi, flagship baru andalan mereka yang mengusung sistem operasi Windows Phone 8 mulai mendapatkan angin segar di pasar smartphone saat ini.

Pada kuartal pertama 2013, Nokia memperoleh penjualan sejumlah 63,2 juta unit ponsel. Dengan perolehan market share sebesar 14,8%. 

1. Samsung

Samsung Galaxy S
Samsung Galaxy S

Rasa-rasanya, posisi Samsung di puncak memang masih sulit digoyahkan. Meski telah menguasai jagat smartphone Android lewat flagship Galaxy S yang membesarkan namanya, Samsung masih giat meluncurkan ponsel berjenis feature phone. Hal ini semakin memperkokoh posisi puncak raihan penjualan yang diperolehnya.

Samsung pun mencatatkan penjualan yang cukup fantastis, pada kuartal pertama 2013 mereka berhasil mengapalkan sejumlah 100,6 juta unit ponsel. Membuat vendor asal Korea Selatan ini meraih pangsa pasar cukup besar 23,6%.

Itulah produsen-produsen ponsel yang menduduki peringkat 10 besar produsen ponsel dengan penjualan terbanyak 

No comments:

Post a Comment