Saturday, December 6, 2014

Macam-macam formasi dalam Sepak Bola

Strategi merupakan salah satu upaya yang mana sangat dibutuhkan karena merupakan sebuah patokan sbobet dan juga rencana yang dibuat agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Strategi sendiri diterapkan di berbagai bidang salah satunya adalah di dalam sepak bola. Strategi di dalam sepak bola sendiri memang merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena di dalam emngalahkan lawan dengan cara mencetak gol – gol tersebut tentu saja dibutuhkan suatu strategi yang tepat dan terorganisir dengan baik. Strategi di dalam sepak bola sendiri sangat banyak seperti pengaturan posisi pemain sepak bola, formasi dan juga yang lainnya. Selain itu juga membutuhkan persiapan seperti persiapan mental, fisik dan yang lainnya. Jika persiapan tersebut sudah bagus dan juga terorganisir dengan baik, maka nantinya di dalam bertanding sepak bola sendiri bisa mendapatkan hasil yang baik dan lebih maksimal. Namun yang akan dibahas pada kali ini adalah mengenai strategi formasi dalam sepak bola. Formasi di dalam permainan sepak bola sendiri memang sangat penting karena membutuhkan pemikiran yang cukup matang karena dengan menggunakan formasi yang tepat nantinya akan memberikan peluang untuk bisa mencetak gol.
Pada awalnya, sepak bola sendiri dimainkan secara sederhana, namun seiring dengan berjalannya waktu, sepak bola sendiri membutuhkan strategi dan juga pemilihan formasi yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk formasi dalam permainan sepak bola sendiri juga terdiri dari beberapa macam. Dan berikut ini adalah beberapa macam dari formasi dalam sepak bola:
1.   Formasi 4-3-3
Formasi ini memang cukup terkenal dan sering digunakan untuk bermain sepak bola bahkan di pertandingan. Yang menjadi keuntungan dari formasi ini sendiri adalah mampu untuk mengintimidasi lawan. Namun jika menggunakan formasi ini tentu saja membutuhkan kemampuan individu dari masing – masing pemain..
2.   Formasi 2-3-5
Formasi ini merupakan formasi yang tertua dari permainan sepak bola, tujuan menggunakan formasi ini sendiri adalah meningkatkan gempuran untuk melawan tim lawan dan merupakan formasi yang agresif.
3.   Formasi 4-2-2
Formasi ini merupakan salah satu formasi yang sering kali digunakan di dalam pertandingan sepak bola. Formasi ini memberikan keunggulan untuk keseimbangannya. Mungkin sekarang ini sudah semakin ditinggalkan namun juga masih beberapa kali digunakan.
4.   Formasi 5-4-1
Biasanya pemain bertahan menggunakan formasi ini di dalam pertandingan hal tersebut karena dapat menjaga pertahanan dengan baik.
5.   Formasi 4-5-1
Formasi ini sangat efektif jika digunakan untuk menyerang pertahanan lawan, hal tersebut karena pemain tengah nantinya akan bertugas untuk memotong pertahanan lawan dengan baik dan juga sangat efektif.
6.   Formasi 4-2-2-2
Formasi ini merupakan perkembangan dari formasi 4-4-2 yang memang menjadi salah satu formasi induk yang dulunya sering kali digunakan di setiap pertandingan sepak bola. Untuk formasi pemainnya sendiri nantinya striker bergerak untuk memancing bek tim lawan agar nantinya bisa membuka peluang untuk mencetak gol.
Selain itu masih ada banyak lagi formasi dalam sepak bola yang lainnya, dengan menerapkan strategi formasi tersebut tentu saja nantinya akan memberikan hasil yang baik. Formasi sepak bola sendiri memang ikut berperan dalam mensukseskan pertandingan sepak bola. Selain itu formasi sepak bola juga salah satu sarana yang mana selalu digunakan dan diperhatikan di dalam setiap pertandingan sepak bola baik untuk tingkat dasar maupun tingkat internasional. Jadi pada dasarnya formasi memang menjadi salah satu hal yang dasar di dalam pertandingan sepak bola.

No comments:

Post a Comment